Cara Dan Penyebab Stres Berat Menghadapi Ujian

Tidak lulus ujian merupakan salah satu peristiwa yang menyakitkan dan ditakuti oleh para siswa ataupun mahasisa yang sedang melaksa...



http://www.fikiranunja.ga/2017/07/penyebab-stres-berat-menghadapi-ujian.html
Tidak lulus ujian merupakan salah satu peristiwa yang menyakitkan dan ditakuti oleh para siswa ataupun mahasisa yang sedang melaksanakan kewajibannya. kita semua pasti akan menghadapinya hal itu bisa menjadi sesuatu yang memalukan dan mengecewakan kegagalan dalam ujian dapat memuat seseorang merasa hancur dan stres.
namun banyak dari orang tua yang mengangap stres di sekolah,kampus dan tempat belajar lainya tidak seberat stres orang dewasa tapi pada nyatanya di tempat belajarlah stres hampir sama dengan keadaan orang dewasa.

Menurut hurlock (20013), stres adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebakan karena individu dihadapkan pada situasi internal dan eksternal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan para pelajar dan mahasiswa menjadi stres di antaranya ialah.

Tekanan guru
  
   Banyak guru ingin muridnya mendapatkan nilai terbaik dan memuaskan, hingga membuat keadaan seakan memaksaan murid namun tanpa disadari banyak juga guru yang memang ingin mendapatkan perhatian murid hingga membuat keadaan terbalik yang semestinya guru membuat murid menjadi aktif akan tetapi saat ini setiap pengajar hanya melihat pelajar yang aktif tanpa memperhatikan yang terbilang sedikit aktif yang seharusnya pengajar membuat semua pelajar menjadi aktif dan bisa menerima pelajaran dengan baik namun saat ini pengajar hanya mengajar, memberikan materi tanpa adanya teknik membuat siswa aktif.

Tekanan orang tua

   Selain itu orang tua terkadang juga membebani pelajar seperti menginginkan nilai terbaik dengan mengikut sertakan anaknya pada banyak kursus sehingga waktu untuk merilekskan pikiran pelajar semakin sedikit hingga nantinya akan mempengaruhi kesehatan dari pelajar, ditambah lagi problem keluarga karena setiap keluarga pasti memiliki banyak problema kehidupan.

Tekanan dari sesama teman
    Tekanan ini biasanya dari teman sepergaulan seperti menyontek karena berada dalam sebuah kompetisi siswa berlomba lomba menjadi yang terbaik bahkan siap melakukan berbagai cara agar prestasinya semakin meningkat.

Tekanan dari diri sendiri
    
Pelajar yang selalu berprestasi cenderung perfeksionis. sehingga jika suatu terjadi kemunduran ataupun kegagalan entah itu nyata maupun masih belum terjadi membuat pelajar sangat stres dan begitu depresi.

http://www.unja.ac.id/2016/08/08/1873-calon-mahasiswa-ikuti-ujian-slm-unja/

Ada beberapa cara agar siswa tidak stres dilansir dari situs repository unja fitriyati penyebab siswa stres menghadapi ujian 2016

1. Siswa diharapkan bisa mengatur strategi belajar yang efektif, memotivasi diri sendiri untuk meningkatkan hasil belajar.
2. Pihak sekolah diharapkan memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan oleh peserta didik serta menggunakkan cara mengajar yang bervariasi, serta guru kelas lebih memperhatikan setiap perkembangan siswa dan untuk memanfaatkan waktu luang untuk pelaksaan bimbingan.
3. Pihak keluarga agar dapat lebih memberikan serta meluangkan waktu terutama dalam pendidikan, pengawasan dan pemenuhan kebutuhaan sekolah hingga dapat membantu proses belaar siswa dan dapat bekerjasama dengan guru di sekolah

     Memang hal buruk dan stres jika nilai ujian kurang memuaskan tetapi dengan adanya nilai tersebut diharapkan agar anda bisa memulai suatu proses ulang untuk memperbaiki setiap kesalahan yang ada untuk itu bacalah semua buku karena tanpa adanya sebuah teknik investasi ilmu seperti membaca satu hari satu buku ilmu anda tidak akan pernah bertambah karena saat ini dunia tengah dihadapkan dengan sebuah era persaingan untuk itu anda diharapkan dengan berbagai peristiwa yang begitu rumit. untuk itu hentikan stres perbanyaklah pengetahuan jika pengetahuan anda banyak maka stres akan hilang dan pikiran anda akan menjalar seperti akar karena setiap ilmu memiliki pangkal akar yang sama apapun itu perbanyaklah membaca buku hingga pengetahuan anda banyak dan membuat ujian dan serasa ringan tanpa adanya stres.

Baca warna baru siakad unja

Postingan Terkait

0 comments