Cara Agar Mahasiswa Bukan Pajangan

Pemuda dan pemudi bangsa itulah sebutan bagi sebagian besar mahasiswa, tetapi apa itu mahasiswa. banyak sekali pengertian tentang ma...



http://www.fikiranunja.ga/2017/08/mahasiswa-bukan-pajangan.html
Pemuda dan pemudi bangsa itulah sebutan bagi sebagian besar mahasiswa, tetapi apa itu mahasiswa. banyak sekali pengertian tentang mahasiswa ada yang mengatakan mahasiswa  adalah orang yang memiliki predikat tertinggi setelah siswa. ada juga yang mengartikan seperti ini maha artinya besar dan siswa sama artinya dengan orang yang belajar. namun secara garis besar itu semua benar adanya dan dapat disimpulkan mahasiswa adalah orang yang belajar di universitas,
institute atau akademi. namun pengertian mahasiswa bukan hanya itu mahasiswa adalah tonggak ataupun tiang dari sebuah negara untuk memberikan solusi dan membantu perubahan dalam masyarakat.

Menurut Sarwono (1978) adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran diperguruan tinggi dengan batas usia 18-30 tahun. mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi. mahasiswa juga merupakan calon  intelektual atau cendikiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali syarat dengan berbagai predikat.sedangkan menurut PP RI No. 30 Tahun 1990, mahasiswa diartikan sebagai peserta didik yang terdaftar dan menuntut ilmu di perguruan tinggi tertentu. selain itu mahasiswa menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia), mahasiswa ialah orang yang belajar di perguruan tinggi. di dalam struktur pendidikan indonesia, mahasiswa menduduki jenjang satuan pendidikan tertinggi diantara yang lainya. 

Sedangkan menurut penulis mahasiswa adalah peserta didik yang belajar pada perguruan tinggi dan secara resmi terdaftar pada perguruan tinggi memiliki status mahasiswa aktif dan menerapkan dan menjalankan fungsi serta peran terhadap masyarakat sebagaimana  yang berada pada TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.
http://www.unja.ac.id/2017/08/01/mahasiswa-fisipol-unja-galang-dana-korban-kebakaran-gubernur-bem-fisipol-ini-adalah-bentuk-kepedulian-mahasiswa/

 Mahasiswa bersuara bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk masyarakat banyak. salah satu bentuk sebagian dari tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat yang di lakukan oleh mahasiswa fisipol unja dalam melakukan aksi kemanusian terhadap korban kebakaran. seperti yang di lansir pada situs unja.ac.id  mahasiswa fisipol unja galang dana korbankebakaran 01/08/2017 menurut ilham nur selaku gubernur fisipol unja sekaligus ketua aksi kemanusian ini sabtu 29/07/2018 “ interaksi sosial sangat diperlukan di jajaran masyarakat, jadi kegiatan ini kami lakukan karena rasa kepedulian kami kepada masyarakat untuk membantu korban kebakaran. aksi kemanusiaan yang di lakukan oleh mahasiswa fisipol unja banyak di apresiasi oleh masyarakat kota jambi dengan positif karena kepedulian terhadap masyarakat salah satunya nuning, warga kota jambi “ kito patut bangga dengan mahasiswa dari unja ni, mereka orang-orang yang patut kito apresiasi dan kepedulianyo kepado sesamo, mahasiswa ni dengan iklas turun kejalanan, semoga dengan adonyo penggalangan dana ni dapat meringankan beban korban yang membutuhkan dan untuk yang lainnyo sikap seperti ini patut di contoh”

                Untuk itu dapat di simpulkan bahwa mahasiswa bukan hanya sekedar pajangan warna saja tetapi dapat merupakan tonggak dalam kehidupan masyarakat yang begitu sangat di perlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. pengabdian terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai hal positif mahasiswa harus mampu menjadi penyambung lidah atau agent of change dan berkontribusi nyata terhadap masyarakat serta mengetahui porsi dalam tugas mereka masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat. namun bukan hanya itu saja masyarakat dan civitas perguruan tinggi pun harus ikut membantu dan membuka ruang untuk para mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri mereka, guna ikut serta membantu mencerdaskan kehidupan bangsa jauh lebih baik kedepanya.

Postingan Terkait

0 comments